Tips Dalam Memilih Laptop Yang Cocok Untuk Desain Grafis

Seseorang yang bekerja sebagai desain grafis atau editor multimedia pasti membutuhkan laptop yang cocok bagi pekerjaan mereka. Bahkan tak jarang kegiatan ini adalah salah satu hobi seseorang untuk mendesain grafis atau multimedia. Apalagi sekarang sudah sangat banyak jenis laptop yang dipasarkan.


Seorang desain grafis tentu sudah paham mengenai hal ini bahwa, tidak semua laptop bisa digunakan untuk desain grafis. Maka dari itu saya di sini akan membahas tips dalam memilih lapotp yang cocok untuk desain grafis.

Dengan artikel ini saya berharap, anda tidak salah lagi dalam memilih laptop untuk hobi atau pekerjaan anda ini.

Tips Dalam Memilih Laptop Yang Cocok Untuk Desain Grafis

Dalam memilih laptop sangat diperlukan yang namanya tekhnik dan beberapa pengetahuan mengenai latpop apa saja yang cocok untuk anda gunakan dalam desain grafis. Berikut tipsnya

1. Graphic Card

Poin yang satu ini adalah poin yang paling penting dalam melakukan pembelian laptop yang cocok untuk desain grafis anda. Pasalnya, di dalam dunia desain grafis, Graphic Card (GPU) merupakan komponen yang sangat penting. Hal ini dikarenakan GPU dipakai dalam proses mengedit gambar, video, atau desain 3D. GPU bekerja ketika anda membuat sketsa gambar, gabung-ngefek-in video, atau membuat objek benda 3D.

Dalam hal ini saya sangat menyarankan anda agar tidak membeli laptop yang memiliki VGA on-board. Karena jika anda memilih laptop yang memiliki VGA on-board maka kinerjanya akan berbagi dengan RAM, yang mengakibatkan kerjanya menjadi tidak maksimal. Selain itu, dia tidak bisa dimodify dan tidak bisa diganti VGA lain. Yang anda tau bahwa penggantian VGA bertujuan untuk menyesuaikan perangkat dengan minimum system requirements dari software yang dipakai, dan tentunya semakin lama akan semakin berat.
Untuk itu, saya sangat menyarankan agar anda membeli lapotp yang VGA-nya tidak on-board.

2. RAM

Walaupun poini ini tidak begitu penting, namun ada baiknya jika anda memperhatikan hal ini. Karena walaupun VGA-nya bagus, kalau RAM-nya cuma 2GB, maka tetap saja powerful dalam mengedit video tidak maksimal. Sebaiknya anda mencari RAM yang memiliki kapasitas 6GB. Saya juga menyarankan agar anda memakai yang versi DDR4 agar performanya semakin mantap.

3. Ketahanan Baterai

Anda tau bahwa dalam mendesain grafif itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam mendesain grafis banyak pekerjaan yang merepotkan dan tentunya memakan waktu yang lama. Jadi sebaiknya anda memilih laptop yang memiliki baterai tahan lama.

Karena takutnya nanti ketika anda sedang dalam proses mendesain tiba-tiba laptop anda mati karena kehabisan baterai kan bisa repot jadinya.
Biasanya laptop yang masih baru bisa tahan sekitar 3-4 jam. Namun ada juga laptop yang bisa tahan sampai 6 jam. Memilih baterai yang lebih kuat, why not?

4. Prosesor Yang Kuat

Selain GPU, Prosesor juga menjadi salah satu hardware yang penting dalam laptop desain grafis. Jika prosessornya buruk maka pekerjaannya juga melambat, meskipun pakai GeForce GTX1080i. Prosesor menjadi juru kunci saat proses rendering. Semakin baik prosesornya semakin cepat dan bagus hasil renderannya.

Bagi anda yang mencari laptop untuk dijadikan laptop desain grafis, saya sarankan agar memakai prosesor bermerek Intel, yang seri core-core-an, seperti Core i5, Core i3, Core i7. Dan frekuensinya tinggi, paling tidak 2,4GHz agar nantinya tidak terjadi lag lag saat running aplikasi desain.

5. Ukuran dan Resolusi Layar

Berbicara tentang desain grafis, tentu dalam pekerjaannya berbentuk visual. Ya yang semua orang tau bahwa visual dalam laptop itu satu-satunya terletak pada layar. Ketika mendesain, hal yang sangat mendukung yaitu layar yang berukuran besar dan resolusi yang baik. Pilihlah laptop yang memiliki ukuran dan resolusi layar sesuai dnegan kebutuhan anda.

Untuk keperluan desain grafis, layar yang besar tentu akan sangat membantu. Misalnya 1920 x 1080 (full HD), 2560 x 1440 (quad HD) atau 3840 x 2160 (4K UHD). Dan resolusinya itu yang pas, biar outputnya memiliki kerapatan yang maksimal. Resolusi layar yang paling pas adalah 1600px × 900px.

Saya harap dengan artikel yang saya bagikan kepada anda ini, dapat membantu anda dalam memilih laptop untuk desain grafis. Jadilah smart buyer, apalagi barang ini bukanlah barang yang murah. hehe

Related :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel