Laptop Anda Sering Not Responding? Begini Penyebabnya !


Anda pernah mengalami masalah ini? Yah masalah ini biasa terjadi ketika kita menmbuka suatu aplikasi di laptop lalu tiba-tiba di aplikasi tersebut muncul peringatan "***is not responding"? Mungkin bagi anda yang menggunakan laptop dengan kualitas sedang berfikir mungkin ini terjadi karena laptop anda yang tidak berkualitas. Anda salah, karena masalah ini tetap kadang terjadi pada laptop secanggih dan semahal apapun.

Tanda-tanda masalah ini muncul yaitu tiba-tiba anda tidak bisa menggunakan aplikasi yang anda pakai pada waktu itu. Pasti ketika anda mengalami masalah ini, anda pasti merasa jengkel, apalagi jika anda sedang terburu-buru untuk menyelesaikan suatu pekerjaan di laptop tersebut. Terkadang hal ini membauat sebagian orang buru-buru ingin menginstal ulang laptopnya. Tapi anda jangan terlalu buru-buru, karena di sini saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi laptop yang sering not responding.

Apa Penyebab Laptop Sering Not Responding?

Sebelum anda tau bagaimana cara mengatasi hal ini, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebabnya.

1. Memasang Terlalu Banyak Aplikasi

Laptop/komputer sama halnya seperti android, yang ketika anda memasang banyak aplikasi pasti RAMnya terpakai banyak. Mungkin anda tidak sadar bahwa hal itu mengakibatkan laptop anda menjadi lemot dan akhirnya not responding karena laptop akan menjadi berat.
Maka dari itu, sebaiknya anda memasang aplikasi yang penting-penting saja agar laptop anda dapat berjalan dengan normal.

2. Melakukan mulstitasking

Multitasking adalah kegiatan membuka aplikasi yang banyak secara serentak. Mungkin anda melakukan hal ini, yang tanpa anda sadari bahwa hal ini dapat membuat aplikasi yang anda buka menjadi hang. Penyebab yang satu ini hampir sama dengan poin pertama yang masalahnya berada pada RAM. Apabila anda membuka aplikasi yang banyak secara serentak, maka RAM pada laptop anda terkuras habis. Jadi apabila anda sedang berada pada posisi yang mengharuskan anda untuk melakukan multitasking, sebaiknya anda melakukannya dengan membuka aplikasi maksimal 2 saja, agar RAM laptop anda tidak bekerja terlalu keras.


Related :

3. Memaksa Instal Aplikasi

Anda harus tau bahwa tidak semua laptop bisa menginstal semua jenis aplikasi. Ada aplikasi yang hanya bisa berjalan di 32-bit dan ada juga yang bisa dijalankan di 64-bit. Jika anda memasang aplikasi yang hanya bisa dipasang pada komputer 32-bit tapi anda memasangnya di komputer 64-bit, maka aplikasi tersebut justru akan mengalami error.

4. Masalah Hardisk

Hardisk sangat berpengaruh dalam hal ini, pasalnya jika kapasitas hardisk sudah penuh atau berat maka hardisk tidak mampu menjalankan aplikasi yang anda buka. Dalam hal ini, hardsik laptop anda rusak menjadi penyebabnya. Maka dari itu, cobalah anda mengecek hardisk minimal seminggu sekali untuk memastikan keadaan hardisk anda.

5. Komputer Sering Panas

Apakah anda sering memakai laptop dalam waktu yang lama? Jika iya, bisa jadi penyebab laptop anda sering not responding karena laptop anda kepanasan. Dalam hal ini, coba anda mencari tau penyebab laptop anda panas berlebihan. Mungkin saja di dalam laptop anda terdapat banyak debu yang bisa membuat laptop anda panas secara berlebihan.

Nah, anda sudah tau apa yang menjadi penyebab laptop anda sering not responding. Selanjutnya anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasi masalah yang terjadi pada laptop anda ini.

Laptop Anda Sering Not Responding? Begini Solusinya !

Jika anda mengalami masalah di atas, anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini.
  1. Ketika peringatan not responding muncul pada aplikasi yang anda buka, langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu klik kanan pada bagian taskbar windows. Kemudian klik "Star Task Manager".
  2.  Setelah itu, akan muncul pop up window task manajer. lalu klik tab "Application".
  3. Setelah itu anda akan dibawa pada layar monitor yang menujukkan semua aplikasi dan program yang sedang berjalan pada laptop anda. Carilah aplikasi yang berstatus "Not Responding" lalu klik "End Task" di bawahnya.
  4. Setelah selesai, maka aplikasi not responding yang anda buka tadi akan tertutup dan terhenti.

Itulah penyebab laptop anda sering not responding beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel