Jenis-jenis Versi Android Dan Kelebihannya

Sebagai pengguna ponsel Android, pasti masih ada sebagian dari anda yang belum mengenal lebih tentang jenis-jenis android dan kelebihannya..

Mungkin telah diketahui bersama sistem android adalah sistem operasi untuk komputer tablet, smartphone, dan ponsel atapun telpon seluler..

Android sendiri memiliki logo berbentuk robot dengan dua antena dikepalanya, melambangkan android merupakan simbol dari sistem operasi kelas atas untuk gadget danp ponsel smartphone lainnya..




Jenis-jenis Versi Android Dan Kelebihannya..!!

Sejaranh android pertama kali didirikan pada 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Android diciptakan untuk menyaingi sistem operasi yang populer pada saat itu seperti Symbian dan Windows Mobile..

Pertama kali saat mulai dibangun, sistem operasi Android sempat mengalami jatuh bangun dalam meningkatkan kinerjanya. Sampai pada Agustus 2005.. 

Pada saai itu juga Google pun secara resmi mengakui bahwa android dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google..

Namun tahukan anda ada berapa jenis android yang ada sampai saat ini dan apa pula kelebihan yang diberikan dari masing-masing versi andaroid tersebut??


Berikut Penjelasan Tentang Jenis Android Dan Kelebihanya Bila Di Gunakan


Untuk masalah kelebihan versi andriod dan kelebihannya seperti apa, Anda  hanya perlu memperhatikan beberapa penjealasan yang ada dibawah ini :

Sebagai Berikut..!!

1.OS Android 1.5 Versi Cupcake


Yang pertama yaitu sistem operasi android Cupcake, Android ini adalah generasi pertama diluncurkan secara komersil dan juga yang pertama kalinya diberikan nama kue atau yang berarti cemilan manis.. 

Sistem operasi versi paling awal ini memiliki fitur yang dibilang sudah lazim saat ini seperti widget, auto rotate, dan keyboard virtual supaya memudahkan pengguna mengetik dan kustomasi keyboard. Kenapa dibilang android Cupcake hanya memiliki fitur atau sistem android yang mendasar..

2.OS Android 1.1 Versi Banana Bread


Versi Android yang kedua adalah Banana Bread yang dirilis pada bulan Februari 2009 yang digunakan oleh Smartphone pengadopsi Android, HTC dengan merk Dream..

3.OS Android 1.6 Versi Donut


Setelah Banan Bread, Googlepun kembali memberi nama Donut pada versi sistem Android terbarunya. Di versi ini, Google sudah menyematkan fitur canggih seperti mesin penejermah teks ke suara.. 

Bukan hanya itu ada juga dukungan CDMA dan indikator penggunaan baterai. Secara umum, update yang ada di android Donut hanya sekedar penambahan beberapa fitur dan perbaikan bug saja dalam operasi sistemnya..

4.OS Android 2.2  Versi Frozen Yogurt


Seiring popularitas Android yang semakin berkembang besat, Google kembali lagi menambah banyak fitur baru di versi terbarunya seperti frozen Yogurt.. 

Versi Android ini punya performa dan optimalisasi yang cukup signifikan. Tersedia pula fitur yang cukup inovatif pada saat itu, seperti USB tethering, portabel WiFi Hotspot, dan push notification.. 

Di versi ini, pengguna juga di berikan kemudahan untuk memindahkan data-data aplikasi besar ke memori eksternal pada android..

5.OS Android 2.0 Versi Eclair


Jenis android yang kelima adalah versi Eclair, Android versi eclair yaitu dipersiapkan untuk menuju Hp pintar masa depan nantinya.. 

Sistem operasi ini sudah dibekali dukungan fitur kamera seperti flash, fokus, hingga efek warna. Selain itu, dari segi tampilan sistem operasi ini juga tampak segar dengan tambahan fitur live wallpaper..

6.OS Android 2.3 Versi Gingerbread


Android Gingerbread adalah puncak dari popularitas Android. Versi ini cukup banyak menyedot perhatian publik dunia yang sebelumnya lebih banyak memiliki perangkat iOS, Blackberry, atau masih memakai feature phone.. 

Pada Gingerbread, tampilan android dibuat lebih simpel dan intuitif. Selain itu, juga ada fitur NFC untuk sistem pembayaran modern..

7.OS Android 3.0 Versi Honeycomb


Mengenai kehadiran android versi Honeycombmasih banyak yang belum tahu. Ini disebabkan karena sistem operasi ini hanya dikhususkan untuk perangkat tablet saja.. 

Sistem operasi Honeycomb memiliki beberapa fitur unggulan di antaranya system bar, dukungan processor multi-core, dan layar home atau home screen yang bisa dikustomisasi dengan cara yangbebas..

8.OS Android 4.0 Versi Ice Cream Sandwich


Google tidak pernah bosan untuk kambeli merilis sistem operasi android, Untuk versi ini sendiri mejadi keunggulannya adalah pada versi lain masih susah terpisah antara Hp dan tablet. Oleh karena itu, melalui Ice Cream Sandwich Google kembali menyatukan sistem operasi android di Hp dan tablet menjadi satu.. 

9.OS Android 4.1 Versi Jelly Bean


Walaupun masih sedikit fitur yang ditawarkan pada android versi Jelly Bean dibanding pendahulunya. Google tidak ketinggalan akal dan kembali fokus untuk meningkatkan performa dan keamanan sistem operasi android pada versi ini.. 

Adapun tambahannya adalah dukungan konten gambar 4K UHD dan dukungan emoji..


10.OS Android 4.4 Versi KitKat


Sistem operasi android KitKat membawa banyak peningkatan yang cukup signifikan. Pada versi ini, Google fokus meningkatkan user experience pengguna Android dengan meningkatkan performa sistem operasinya..

Sebagai konsekuensi dari peningkatan user experience ini adalah user tidak bisa memindahkan data-data aplikasi ke memori eksternal. Ini dikarenakan untuk mendapatkan performa aplikasi yang lebih kencang semua data yang dibutuhkan harus ada di dalam memori internal..


11.OS Android 5.0 Versi Lollipop


Sempat banyak yang berharap Google dan Android membuat tampilan antarmuka (UI) lebih baru dan segar di versi Android terbarunya. Namun sayang saat versi Lollipop diluncurkan, banyak pengguna yang melihat tidak ada perubahan berarti dari segi tampilan.. 

Tampilan UI android Lollipop justru dianggap membosankan. Jika ada fitur baru yang hadir dan paling mencolok hanyalah kemampuan untuk melihat notifikasi saat layar terkunci..


12.OS Android 6.0 Versi Marshmallow


Android kembali merilis sistem operasi baru yaitu Marshmallow. Sistem operasi ini membawa banyak fitur baru yang lebih canggih.. 

Beberapa fitur baru yang ada di Marshmallow di antaranya adalah Doze untuk menghemat baterai, dukungan sensor sidik jari untuk buka kunci layar, dukungan USB tipe C, dan fitur percobaan Multi-Window agar penggunanya bisa memakai 2 aplikasi berbeda dalam 1 layar..

13.OS Android 7.0 Versi Nougat


Sistem operasi Nougat adalah pengembangan dari Marshmallow. Versi Android ini membawa peningkatan performa dan antarmuka yang lebih intuitif.. 

Selain itu, Muncul juga fitur Multi-Window yang masih dalam tahap uji coba sebelumnya kini sudah sempurna dan mendukung lebih banyak aplikasi. Dengan fitur ini, pengguna bisa pakai 2 aplikasi bersamaan, misalnya nonton YouTube sambil balas pesan WhatsApp..


14.OS Android 8.0 Versi Oreo


Tampilan Android Oreo sangat berbeda dengan pendahulunya. Tampilan UI di versi Oreo kini lebih rapi dan segar. Tampilannya pun lebih difokuskan untuk memudahkan pengguna mengakses aplikasi dan mencari informasi yang dibutuhkan..

Tersedia juga fitur baru seperti Notification Dots, Picture in Picture, Autofill untuk memudahkan isi formulir online, emoji, dan masih banyak lagi..

15.OS Android 9.0 Versi Pie


Sistem operasi Android terbaru dengan nama kue Pie membawa lompatan baru dalam sejarah sistem operasi Hp. Android Pie sudah didukung kemampuan kecerdasan buatan (AI)..

Berkat AI, beberapa Android jadi semakin pintar karena bisa mempelajari pola penggunaan secara otomatis. Android Pie bisa menyesuaikan konsumsi baterai dengan rutinitas anda sehari-hari..

Aplikasi yang ditampilkan di halaman utama pun bisa disesuaikan dengan aplikasi apa yang paling sering digunakan dan bermanfaat saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Adroid Pie juga bisa menganalisa waktu pemakaian Hp dan mengingatkanmu jika terlalu lama menggunakan Hp..


Itulah 15 jenis atau versi Android yan terus dikembangkan dari tahun 2008 hingga sampai 2018, Tidak menutup kemungkinan juga di tahun ini Google kembali menciptakan versi Android versi terbaru lainnya..

Semoga Bermanfaat..!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel