Hal Yang Perlu Untuk DIperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

Sudah kewajiban bagi anda yang bekerja kantoran untuk memiliki alat elektronik ini. Laptop adalah sebuah elektronik yang membantu penggunanya untuk mengerjakan tugas ataupun hal lain. Saat ini sudah banyak jenis laptop yang beredar di pasaran, mulai dari harga rendah, tengah dan atas.

Bagi sebagian orang ada yang memilih untuk membeli laptop second/bekas dikarenakan budget yang kurang. Apakah anda juga berencana membeli laptop bekas? Jika iya, sebaiknya anda memperhatikan komponen-komponen dari laptop tersebut, agar anda tidak menyesal nantinya.

Hal Yang Perlu Untuk DIperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

Pastikan anda memperhatikan hal-hal di bawah ini sebelum anda membeli laptop bekas.

1. Cek Fungsi Keyboard

Laptop yang sudah terpakai sebelumnya bisa jadi memiliki masalah pada keyboardnya. Untuk mengeceknya, anda bisa menggunakan software Keyboard Tester Portable. Jika anda sudah mendownloadnya, maka selanjutnya anda hanya perlu membuka software ini tanpa perlu melewati tahap instalasi.

Setelah itu, tekan tombol keyboard satu persatu. Jika semuanya berwarna hijau, itu artinya keyboard laptop anda masih normal. Namun jika ada yang berwarna merah, artinya tombol tersebut bermasalah.


Related :

2. Cek Kondisi Layar (LED/LCD)

Banyak orang yang menyesal setelah melakukan pembelian laptop bekas, dikarenakan mereka tidak mengecek bagian layar terlebih dahulu. Untuk memastikan kondisi layar pada laptop yang ingin anda beli, lakukan cara berikut ini:
Coba anda ganti warna pada background dekstop menjadi hitam putih. Ganti warna pada background dekstop menjadi hitam dan putih, hal ini berguna agar kita dapat mengetahui apa ada dead pixel pada layar laptop itu.

3. Cek Kondisi Baterai dan Chargernya

Poin adalah poin yang terpenting yang harus anda perhatikan. Pastikan baterai laptop tersebut tidak mengalami kerusakan seperti kebocoran dan hal lain. Dan juga perhatikan icon baterai normal, baik saat standby dan saat dilakukan pengisian daya.

 Setelah mengisi daya, sebaiknya anda cek apakah baterai tersebut bisa bertahan lama atau tidak, cobalah untuk mengulur waktu dengan cara ngobrol bersama si penjual untuk memastikan kurun waktu pada laptopnya. disini kamu bisa mengetahui  penurunan presentasi baterainya.

 4. Perhatikan Kondisi Fisik Laptop

Cara ini terbilang mudah karena anda hanya perlu melihat kondisi fisik bagian luar laptop saja tanpa melakukan pengecekan seperti poin-poin sebelumnya. Memang kondisi fisik tidak terlalu penting dalam hal ini, tapi setidaknya anda bisa tau bagaimana pemiliknya menggunakan laptop tersebut. Pastikan anda memperhatikan setiap sudut bagian laptop, apabila laptop itu pernah jatuh, maka akan terlihat ada retak ataupun goresan pada area yang dimaksud.

5. Perhatikan Kondisi Port USB

Lihat juga konektor I/O dan pastikan kondisi OK. Seperti periksa bagian port USB, jaringan, port audio, dan LAN, wi-fi, bluetooth (jika ada) apakah berfungsi dengan baik apa tidak. Lalu langkah selanjutnya periksa kondisi engsel laptop, engsel pada laptop ialah bagian yang sensitif dan rentan rusak jika si pengguna tidak hati-hati.

6. Cek Kondisi Hardisk

Pastikan anda tidak melupakan poin ini, karena kebanyakan laptop bekas rentan mengalami masalah pada hardisknya. Anda bisa mengeceknya dengan cara melakukan copy/paste antar folder serta partisi laptop, jika proses transfer filenya sangat lambat ini merupakan petanda harddisknya mengalami masalah.

Memang trik di atas terbilang sederhana, namun jika anda lewatkan nantinya akan membuat anda menyesal membeli laptop yang salah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel