Cara Merawat Charger Ponsel Agar Awet Dan Tahan Lama

Masalah kerusakan pada charger ponsel pasti hampir dialami semua orang yang menggunakan ponsel atau smartphone, Untuk itu juga sebagai pengguna ponsel yang baik anda juga perlu tahu cara merawat charger agar tidak mudah rusak..

Bukan hanya ponselnya saja yang perlu anda jaga dan rawat, tapi juga chargernya. Charger merupakan salah satu komponen penting sebuah perangkat elektronik. Tanpa charger, sebuah perangkat elektronik tidak bisa digunakan saat daya batterai telah habis..

Begitu juga untuk sebuah perangkat ponsel atau smartphone, Karena secanggih apapun ponsel milik anda, jika baterainya habis tetap saja tak bisa digunakan..

Untuk itu bagaimana agar charger ponsel agar awet dan tahan lama, Anda cukup memperhatikan beberapa cara yang akan saya jelaskan dibawah ini..



Cara Merawat Charger Ponsel Agar Awet Dan Tahan

Lama Dalam Penggunaannya..


Pada umumnya yang bisa kita jumpai dalam masalah kerusakan pada charger adalah kerusakan pada kabel USB, nah untuk itu juga bagaimana cara agar kabel charger tidak cepat rusak atau putus dan cara merawat charger hp agar awet..

Mungkin saja anda bisa mengunakan pelindungi kabel charger yang banyak dijual di toko-toko khusus alat atau aksesoris smartphone..

Kerusakan yang sering terjadi pada charger juga dipengaruhi beberapa faktor seperti contoh kecilnya saja dan paling sering di alami bebrapa orang yaitu di gulung pada saat tidak digunakan..


Bagaimana Cara Agar Charger Ponsel Tetap Awet dan Tahan Lama..??


Lanjut .. Berikut beberapa solusi atau cara yang bisa anda lakukan pada charger ponsel anda, Contohnya ada di bawah ini :


Sebagai berikut..!!


1. Sesuaikan jenis charger dengan jenis handphone dan kapasitas baterainya..

2. Charge ponsel anda dalam keadaan tidak aktif. Dengan begitu, proses charging akan lebih cepat dan efektif..

3. Pastikan posisi charger pada stopkontak/colokan harus mulus, pas atau tidak longgar untuk menghindari panas berlebih yang bisa merusak charger..

4. Awasi proses charging handphone, jangan ditinggal dalam waktu lama..

5. Gulung kabel charger dengan tidak melilitkannya pada badan charger. Tapi dengan menyatukan kabelnya dalam simpul kecil dan mengikatnya dengan karet agar tidak berceceran..

6. Jika bar petunjuk baterai pada handphone sudah berhenti bergerak atau muncul keterangan bahwa baterai sudah penuh, segera cabut charger. Bila tidak dicabut, bukan hanya charger yang rusak, tapi juga baterai ponsel..

7. Jika sedang tidak digunakan atau tidak dalam keadaan mengecas usahakan lepaskan charger dari stopkontak dan simpan..

8. Jangan mengikat kabel charger terlalu kencang karena bisa menyebabkan serabut kawat di dalamnya rusak atau putus..

9. Hindari meletakkan charger di tempat tinggi (agar tidak jatuh, retak atau pecah) dan jauhkan dari jangkauan air dan makanan..

10. Dan yang terakhir bila anda adalah pengguna handphone yang aktif, lebih baik sediakan charger tambahan di rumah atau kantor..

Sediakan juga charger portable atau power bank jika anda sering bepergian. Hindari meminjam charger milik orang lain karena belum tentu sesuai dengan jenis handphone dan kapasitas baterai anda..

Itulah 10 cara yang bisa anda gunakan jika ingin merawat charger anda agar awet dan tahan lama, selamat mencoba dan semoga bermanfaat..!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel