Cara Mengetahui Bit Laptop Dengan Mudah

 Pada umumnya laptop atau komputer memiliki 2 jenis bit yaitu tipe bit 32 dan tipe bit 64. Besarnya bit menunjukkan lebar atau banyaknya data yang dapat diproses oleh suatu sistem pada komputer. Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara kerja prosesor komputer (atau disebut CPU) dalam menghandle informasi. Versi 64-bit dalam pengunaan Random Access Memory (RAM) lebih besar daripada versi 32-bit.

laptop yang memiliki Sistem 32 bit biasanya memmbutuhkan procesor yang memiliki tipe bit 32 atau 64 bit. Berbeda dengan sistem operasi jenis 64-bit, hanya bisa dijalankan pada komputer dengan jenis prosesor 64-bit.

Oleh sebab itu sangat penting untuk anda tau berapa bit laptop yang anda miliki, agar kita dapat menyesuaikan aplikasi apa saja yang bisa kita download agar tetap sesuai dengan versi bit laptop kita.
Jadi, di sini saya akan membagikan cara mengetahui jenis bit apa yang dimiliki laptop anda.


Cara Mengetahui Bit Laptop Dengan Mudah

Ada beberapa macam cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui tipe bit apa yang dimiliki laptop anda, yaitu :

 

Menggunakan aplikasi CPU-Z

salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui bit laptop adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Cara ini termasuk salah satu cara yang paling banyak digunakan orang. Dengan aplikasi ini, anda tidak hanya dapat mengetahui versi bit laptop, tapi juga informasi penting seperti processor, jumlah RAM, dan masih banyak lagi.

Menggunakan Terminal 

Dengan cara ini, anda sangat mudah untuk mengetahui versi bit apa yang dimiliki laptop anda. Anda hanya perlu memasukka satu perintah saja ke dalam terminal. Akan tetapi, cara ini hanya berlaku bagi anda yang menggunakan laptop Appel atau Macbook.
Langkah-langahnya yaitu :

  • Pertama-tama nyalakan laptop anda, kemudian buka terminal lalu ketik perintah "uname-a" lalu enter.
  • Setelah anda melakukan langkah awal seperti di atas, maka anda akan dihadapkan pada tampilan yang berisi informasi mengenai sistem dari laptop yang anda gunakan seperti kernel, sistem operasi dan bit laptop.
 Jika yang ditampilkan bertuliskan X86, maka artinya anda menggunakan sistem 32 bit. Begitupun jika ada tulisan X64, itu artinya laptop yang anda gunakan menggunakan sistem 64 bit.

Menggunakan "System Summary"

Kemudahan menggunakan cara ini sama halnya dengan menggunakan  cara terminal. Karena anda hanay perlu melakukan langkah-langkah yang sangat simpel. System summary terdapat pada windows versi terdahulu seperti  windows 2000.
Langkah pertama yaitu dengan menekan tombol win + R, kemudian ketik "sysdem.cpl" pada jendela run lalu klik tekan tombol enter.

Anda mau melakukan cara apapun semoga bisa bekerja pada laptop anda. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel