Cara Membedakan Charger Original Dan Palsu Pada Smartphone

Banyak yang mengeluhkan akan seringnya terjadi kerusakan pada charger mereka, hal ini juga membuat orang berfikir satu-satunya cara yang bisa kita lakukan jika charger smartphone rusak adalah dengan membeli yang baru..

Untuk mendapatkan barang yang asli atau ori, tentu saja kita harus membeli di toko resminya. Namun, tidak menutup kemungkinant tidak sedikit juga orang yang lebih memilih membeli kw-nya atau palsu karena menganggap membeli charger yang asli harganya pasti lebih mahal..

Meski akibat dari penggunaan charger palsu jarang dirasakan secara langsung pada smartphone anda, tapi dalam beberapa kasus ada yang bisa langsung terasa akibatnya..

Seperti charger bawaan yang dibekali teknologi fast charging, saat menggunakan charger palsu maka proses pengisiannya menjadi lebih lambat..


Karena pengisian yang lambat maka berakibat pada suhu smartphone yang meningkat dan memicu baterai kembung, hingga akhirnya mengalami kerusakan..

Berikut Contoh Cara Membedakan Charger Asli Dan Palsu..!!

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, sebelum memakai bahkan membeli charger untuk hp smartphone anda.. Berikut penjelasannya..!!

1.Usahakan Membawa Adapter Charger Asli Saat Membeli

Yang pertama ketika andak ingin membeli charger baru, usahakan selalu bawa adapter charger smartphone anda yang rusak, Cara ini tujuannya untuk menyamakan desain hingga semua angka yang tertera di adapternya..

Selain itu jangan lupa untuk menyamakan struktur atau bentuk dari port USB yang ada pada adapternya. Jika anda bisa jeli, maka anda akan menemukan perbedaan mencolok antara charger original dan palsu..

Banyak perbedaan yang bisa dilihat di adapter charger asli dengan yang palsu. Dimulai dari desain, bentuk colokan, Karena biasanya yang palsu lebih ramping tanpa detail, dan perhaitan juga warna tulisannya..

2.Perhatikan Kabel USB

Selain adapter charger yang perlu diperhatikan, Anda juga harus memperhatikan kabel USB bawaan smartphone. Karena selain digunakan untuk mengisi ulang baterai, kabel USB smartphone juga bisa digunakan untuk transfer file dari smartphone ke komputer bila ingin digunakan..

Bisa terlihat jika kabel USB yang beli ternyata palsu, selain tidak maksimal dalam mengisi ulang baterai, tentu akan mempengaruhi proses transfer file antara komputer dan smartphone..

Untuk membedakannya anda harus memperhatikan ketebalan serta panjang dari colokan USBnya, Biasanya charger palsu dibekali dengan colokan USB yang lebih panjang dan tebal dengan warna yang lebih gelap..


3.Gunakan Bantuan Aplikasi

Dan untuk lebih memahami masalah charger original dan palsu, terutama pada smartphone dan iPhone yang cukup marak dengan charger palsunya. Ampere adalah sebuah aplikasi yang akan menghitung besaran daya yang masuk ke smartphone saat di charge.

Setelah mendownload aplikasi Ampere, Anda hanya perlu menginstall untuk langka selanjutnya. Dan mulai melakukan pengisian ulang smartphone. Lalu lihat berapa tegangan dan arus yang masuk ke smartphone..

Begitu hasilnya keluar, segera samakan dengan yang tertulis pada kepala adapter charger, Jika ternyata angka voltasenya beda jauh seperti dibawah setengah dari nilai voltase yang tertulis!

Maka anda wajib curiga bahwa itu palsu dan akan berdampak buruk bagi battrai smartphone anda. Apalagi jika ternyata arus yang dihasilkan juga lemah..


Nahh, Tiga hal penting diatas bisa anda praktekan secara langsung jika ingin membedakan charger palsu dan original untuk smartphone anda..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel