4 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Pada Android Yang Mati Total


Hal paling buruk yang dialami oleh pengguna android ketika handphone mereka mati total. Ya mati total adalah keadaan dimana android mati secara keseluruhan dan tidak bisa dihidupkan lagi.

Mati total yang terjadi pada android bisa disebabkan karena benturan yang keras seperti jatuh atau penggunaan yang tidak benar seperti pemakaian yang nonstop sehingga menimbulkan panas yang berlebih.

Secanggih apapun android anda, jika penggunaannya tidak hati-hati risiko ini tidak dapat anda hindari. Berikut saya akan membagikan kepada anda apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengatasi android anda yang mati total

Related :

4 Cara Mengatasi Android Yang Mati Total

Biasanya ketika android kita mati total satu-satunya jalan yang bisa ditempuh yaitu membeli yang baru. Tapi sebenarnya ada cara yang bisa anda lakukan sendiri untuk mengatasi android anda yang mati total.

1. Masalah Pada Charger

Mungkin android anda mati total diakibatkan karena daya baterai yang kosong. Lantas anda segera mengambil chargeran namun tidak bisa menyala juga. Memang bisa saja, android anda mati total disebabkan karena daya baterai yang kosong, namun anda menggunakan chargeran yang rusak sehingga anda berfikir bahwa kerusakan benar-benar terjadi pada android. Tapi sebenarnya kerusakan terletak pada chargeran anda.

Langkah untuk mengatasi hal tersebut yaitu, anda dapat mengecek debu dan kotoran yang ada di port charger. Selain itu, pastikan apakah kabel charger anda baik-baik saja. Jika tidak, anda perlu mengganti kabel tersebut.

2. Masalah Pada Baterai

Selain terletak pada masalah charger, ada kemungkinan android anda mati total disebabkan karena baterai handphone anda yang rusak.
baca : Tips Agar Baterei Ponsel Bisa Hemat Dan Tahan Lama 

Jika baterai anda tidak mengalami kerusakan, bisa jadi handphone anda mengalami proses booting yang tiada henti. Hal yang bisa dilakukan ketika menghadapi masalah seperti ini adalah dengan melepas baterai.

Untuk handphone dengan tipe baterai yang menempel pada body, biasanya produsen sudah menyediakan tombol khusus. Sebelum baterai dilepas, tekan tombol power agak lama untuk mematikan daya handphone ketika berada dalam keadaan darurat. Setelah itu, pasang kembali baterai dan hidukan handphone untuk mengecek apakah handphone sudah berada pada keadaan normal atau belum.
 

3. Keringkan

Penyebab lainnya android anda mengalami mati total karena android yang dalam keadaan basah seperti terkena air hujan, jatuh ke kubangan air atau hal lainnya. Android yang basah mengakibatkan jalur listriknya terputus. Langkah yang bisa anda lakukan yaitu dengan melepaskan/ membongkar semua komponen HP seperti baterai, SIM card, SD card, casing dan layar. Kemudian anda bisa menaruhnya di tempat yang bisa mengeringkan dengan cepat seperti ke dalam tempat penyimpanan beras. Perlu anda perhatikan, jangan sesekali mengeringkannya menggunakan alat elektronik seperti hair dryer karena hal itu bisa membuat konslet pada android anda lebih parah.

4. Service Android Anda

Jika cara-cara di atas tidak menghasilkan apa-apa pada android anda yang mati total, langkah terakhir yang bisa anda lakukan yaitu melakukan service android anda. Anda bisa membawanya ke tempat service terpercaya di kota anda. Namun, jika anda ingin mencoba melakukan service sendiri, anda bisa melakukannya dengan petunjuk di sini Service Android Matot 

Sebelum android anda mengalami kerusakan mati total, ada baiknya anda melakukan pencegahan seperti melakukan perawatan yang baik, penggunaannya yang tidak terlalu panas, serta melakukan perawatan pada baterai. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel